Tuesday, March 18, 2008

Bangkitkan Suasana Hati dengan Secangkir kopi

Menjelajahi dunia kopi bagaikan menjelajahi perjalanan hidup.Ada pahit, manis,getir,dan menyenangkan. Setiap kopi memiliki kisahnya sendiri-sendiri.

KOPI bisa menjadi salah satu cara untuk membangkitkan suasana hati.Menyeruput campuran kopi ice caramel machiatopada siang hari itu bisa membuat kembali bersemangat. Sedangkan secangkir kopi cokelat panas,mampu membuat perasaan menjadi rileks.

Jika perasaan sedang bergejolak dan emosi,tersedia juga segelas green tea frappucino bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendinginkan hati. Agar hati kembali berwarna bisa juga dicoba kopi espresso rasa mocca,latte,caramel machiato. Bahkan bisa ditambah dengan campuran sirup vanila, karamel,dan stroberi.

“Anda bisa menjelajahi sendiri sehingga menemukan resep minuman kopi terbaik bagi Anda,”jelas Sari Siswarni, Local Store Marketing PT Sari Coffee Indonesia (pemegang merek dagang Starcbucks Indonesia) di sebuah acara Coffee Seminar di Menara Kebon Sirih, Jakarta, kemarin.

Sari Siswarni menyatakan perkembangan inovasi terhadap resep membuat kopi memang tidak ada batasnya. Mulai dicampur dengan krim, cokelat, susu, karamel, atau bahan lainnya yang semakin memanjakan pencinta kopi. “Perkembangan resep kopi begitu beragam karena meminum kopi itu sifatnya sangat personal. Dipengaruhi oleh selera rasa dan suasana hati peminumnya,”paparnya.

Kopi memang universal,hampir menyebar ke seluruh dunia dan disukai oleh banyak orang.Berdasarkan catatan Badan Pangan Dunia (FAO),kopi merupakan komoditas nomor dua yang paling banyak diperdagangkan setelah minyak bumi. Diperkirakan pada 2010, produksi kopi dunia akan mencapai 7 juta ton per tahun.

Tidak mengherankan, sejenis minuman, biasanya dihidangkan panas,dan dipersiapkan dari biji kopi yang dipanggang memang memiliki penggemar fanatik dan tersebar di seluruh dunia. Sari menyatakan dengan melihat proses pembuatan kopi di tingkat petani, maka para penikmat kopi bisa menghargai jerih payahnya.

Sebab, hampir sebagian besar kopi jenis arabica yang merupakan paling digemari, harus ditanam pada ketinggian tanah tertentu. Misalnya, kopi asal Peru yang lokasi perkebunan kopinya berada di daerah pedalaman di antara bukit-bukit yang terjal dan curam. Ternyata untuk menghasilkan secangkir minuman yang lezat dan mengundang selera, harus melalui jerih payah dan perjuangan panjang para petani untuk bisa memanen hasil produksi kopinya yang terbaik.

“Kopi asal Peru memiliki intensitas rasa menengah, memiliki aroma cenderung earthy, dan cocok diminum dengan penganan kacang atau buah apel dan blueberries,” jelasnya. Demikian juga dengan kopi sumatera yang merupakan salah satu jenis kopi paling laris dijual di gerai Strarbucks seluruh dunia.

Kopi dengan rasa sangat tebal dan lama membekas di lidah ini memang cukup memberi kebanggaan sebagai salah satu kopi favorit dunia. Sari menyatakan kopi ini bisa dikonsumsi didampingi dengan roti butter dengan aroma kayu manis dan lainnya. Kopi sumatera di daerah asalnya ada dua jenis,kopi gayo dan lintong, yang didapatkan dari dataran tinggi Gayo dan Lintong.Konon,kopi gayo disebut-sebut sebagai kopi organik terbaik di dunia.

Selain kopi sumatera, kopi sulawesi dan jawa juga cukup terkenal. Untuk kedua jenis kopi ini memiliki rasa cukup tebal, yang cocok diminum bersama roti butter kayu manis, keju, karamel, atau buah apel. Selain Indonesia, Filipina, Papua Nugini, dan Thailand merupakan negara-negara produsen kopi.

Menjelajahi dunia kopi di wilayah Amerika Latin,selain kopi asal Peru juga masih banyak jenis kopi lainnya. Menurut Sari, kopi dari Amerika Latin masih menempati urutan pertama sebagai kopi paling digemari. Sebab, rasanya yang stabil dan sudah standar. Dibandingkan kopi sumatera yang sangat tebal,namun tidak terprediksi.

Beberapa kopi dari Amerika Latin di antaranya,kopi narino supremo kolombia,kopi organik shade grown meksiko, dan house blend.Ketiga jenis kopi ini samasama memiliki ketebalan rasa medium dengan proses fermentasi terlebih dahulu sebelum disangrai dan dibuat menjadi kopi dengan aroma yang khas.

Untuk mengonsumsi kopi jenis ini cocoknya dengan karamel, kacang, apel, blueberries, atau jeruk. Beberapa negara produsen kopi di Amerika latin di antaranya,Peru, Kolombia, Brasil, Kosta Rika, Guatemala, El Salvador,Meksiko, Nikaragua. “Untuk kopi dari Amerika Latin mayoritas sudah melalui proses washed (fermentasi). Sementara kopi dari Asia dan Afrika, kebanyakan hanya dijemur dan tidak melalui fermentasi,”paparnya.

Menjelajah ke Afrika,maka Anda akan menemukan kopi Kenya, dengan intensitas rasa cukup tebal yang cocok disajikan bersama jeruk dan buah beri. Untuk jenis kopi ini, kata Sari proses pembuatannya melalui fermentasi terlebih dahulu. Selain Kenya, Etiopia, Yemen,Uganda,Rwanda,Zambia, Malawi, dan lain-lain merupakan negara-negara produsen kopi yang potensial.

Setelah menjelajahi berbagai jenis kopi berdasarkan wilayahnya, kopi juga bisa disajikan dalam bentuk campuran antara beberapa negara.Untuk kreasi yang satu ini, bahkan ada satu jenis cokelat disebut Coffe of Love, merupakan kopi yang sangat cocok diminum oleh orang yang sedang di mabuk asmara.

Kopi jenis ini merupakan kopi verona, yang di dalamnya dicampur dengan susu, dark chocolate, dan karamel.Dengan intensitas rasa cukup tebal, konon bisa meluluhkan hati calon pasangan bagi orang yang sedang jatuh cinta. Selain jenis kopi ini,masih banyak jenis kopi lain,mulai espresso roast, italian roast,hingga french roast. District Manger PT Sari Coffe Kiki Mochamad Rizki memberikan beberapa tips langka untuk lebih menikmati kopi secara optimal.

Di antaranya,mulai selamilah aroma kopi yang akan Anda minum. Dengan mencium aromanya, maka penciuman Anda tidak hanya terlatih untuk membedakan jenis kopi, namun juga bisa memilah seperti apa kopi yang berkualitas. Sebab jika sudah terlatih, dengan mata tertutup maka hidup bisa mencium aroma jenis kopi yang paling favorit. Ketika menyeruputnya pun tidak harus tanpa suara.

Sebab, minuman kopi yang disajikan panas, dengan menyeruputnya pun membantu pendinginan ketika masuk ke mulut. Setiap kopi memiliki ketajaman rasa dan aroma yang berbeda-beda. Sementara untuk mengetahui ketebalan rasa, kata dia, maka lidahlah yang paling berperan.

Semakin lama rasa kopi membekas di lidah,maka kopi jenis ini memiliki ketebalan rasa yang tinggi. Kopi sumatera merupakan jenis kopi dengan ketebalan paling tinggi di antara kopi lainnya di dunia. Kemudian bagaimana rasa sebuah kopi?

Menurut Kiki rasa kopi bisa disamakan atau dihubungkan dengan rasa-rasa lainnya, seperti kopi sumatera memiliki rasa yang terprediksi,dan juga rasa herbal. “Ini merupakan salah satu bentuk ritual sebelum meminum kopi. Jika Anda melakukannya, maka Anda akan belajar menyelami seperti apa kopi itu,”paparnya. (abdul malik/SINDO)

No comments: