Wednesday, May 02, 2012

Petani Kopi Gayo Mendapat Premium Sosial Rp173 Miliar

Metrotvnews.com, Bener Meriah: Petani kopi di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Aceh, akan mendapat dana premium sosial dari Fair Trade senilai Rp173 miliar pada tahun ini. Premium sosial itu diperoleh setelah penjualan kopi Gayo mencapai target yang ditetapkan perdagangan dunia.

Dari jumlah dana premium sosial itu, 25 persen dialokasikan untuk peningkatan produksi dan penyelamatan lingkungan, serta tujuh persen untuk petani. Saat ini data dari Dinas Perkebunan Pemkab Bener Meriah, jumlah petani Fair Trade 25.438 orang dengan luas lahan 29.183 hektare. Estimasi produksi 43.775.865 kilogram diperkirakan selama 2012.

Direktur Jenderal Kementerian Pertanian Jamil Musanif saat panen raya kopi Gayo, Senin kemarin, mengatakan, sasaran Deptan terhadap petani kopi Gayo mencapai 4.000 dolar perkapita guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gayo, khususnya Bener Meriah.

Jamil juga mengakui dari segi potensi dan prospek, kopi Gayo sangat terbuka lebar di pasar dunia. Selain disukai, menurut Fair Trade Amerika, kopi Gayo masuk salah satu kopi termahal di dunia.

Saat ini dari lebih 47.000 hektare lahan kopi di Aceh Tengah dan Bener Meriah, sebanyak 90 persen atau hampir Rp1,3 triliun dihasilkan dari produksi kopi nasional.(Jamin Damanik/DSY)

No comments: