Wednesday, May 02, 2012

Warga Lima Negara Panen Kopi Gayo

REDELONG - Acara puncak Festival Internasional Panen Raya Kopi Gayo berlangsung Minggu (29/4) di Kampung Batin Baru, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah. Acara tersebut ditandai dengan keikutsertaan seluruh peserta termasuk perwakilan dari lima negara (calon pembeli atau buyer) melakukan panen kopi.

Calon buyer yang ikut panen kopi gayo tersebut berasal dari Afrika Selatan, Korea, Cina, Taiwan, dan Singapura. Selain warga negara asing ikut memetik kopi, juga beberapa pejabat negara yang datang dari Jakarta. Lokasi panen di kebun warga Kampung Batin Baru.

sejumlah warga negara asing yang mengikuti Festival Internasional Panen Raya Kopi Gayo, mengakui Kabupaten Bener Meriah bukan hanya memiliki potensi komoditi kopi yang sudah dikenal di seluruh dunia namun juga memiliki alam yang cukup indah.

Managing Director Imex Corporation LTD yang bermarkas di Korea Selatan, Eugene Song mengatakan, kopi gayo memiliki cita rasa paling baik. “Bahkan paling baik di dunia,” katanya dalam bahasa Inggris.

Pendapat serupa juga disampaikan Paul, asal Afrika Selatan. “Inilah sebenarnya kopi organik tanpa menggunakan pupuk kimia. Kopi seperti ini yang sangat dicari di pasaran dunia,” timpal Paul.

Festival Internasional Panen Raya Kopi Gayo di Bener Meriah berlangsung dua hari dirangkai dengan sejumlah acara. Acara tersebut dibuka Deputi Menteri BUMN, Dr Parikesit Suprapto, Sabtu (28/4). Rangkaian acaranya antara lain cupping tes kopi, pameran produk lokal, seminar, dan lain-lain. Pada hari kedua kemarin dilakukan peresmian resi gudang di Puskud Pante Raya.(c35)

Editor : bakri
sumber: aceh.tribunnews.com

No comments: