Tuesday, August 16, 2011

Teliti Kopi, Siswa Gayo Ukir Prestasi Tingkat Nasional

Takengen | Lintas Gayo : Setelah sejumlah kesuksesan diraih SMAN 1 Takengon dilevel nasional diantaranya di ajang Indonesian Science Project Olimpiad (ISPO) yang berhasil meloloskan 2 tim finalis di bidang kimia dan komputer, dengan memperoleh mendali perunggu (Honorable Mendalion) untuk kategori komputer, kini siswa SMAN 1 Takengon berhasil lulus seleksi nasional lomba karya tulis ilmiah remaja (LKIR) yang ke-43 tahun 2011 yang diadakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang langsung dikoordinasikan oleh kementerian Negara Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Lomba karya tulis ini membidangi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusian (IPSK), bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) hal ini dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Takengon, Uswatuddin kepada Lintas Gayo, Jumat (10/6)

Dijelaskan Uswatuddin, tim karya tulis SMAN 1 Takengon mengirim 4 sampel penelitian dibidang IPA kepada LIPI, dan berhasil meloloskan 1 tim. Selanjutnya akan mendapat bimbingan tim dari LIPI dan dibantu oleh guru pembimbing SMAN 1 Takengon dengan sampel penelitian “Pemanfaatan Daging Buah Kopi Sebagai Pengganti Gula Pasir Untuk Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Diabetes”.

Untuk penelitian tersebut akan diwakili Dika Ramadhanu, siswa kelas X dan Ipak Putri Iwanisa siswa kelas X berhasil lolos dari seleksi proposal dari ribuan project yang datang dari sekolah-sekolah menengah atas di seluruh Indonesia.

Yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah tertua di Takengen ini kata Uswatuddin adalah dari 29 tim yang telah lolos seleksi, hanya SMAN 1 Takengon yang mewakili Provinsi Aceh.

Ditanya soal kapan dilaksanakannya presentasi karya tulis tersebut di tingkat nasional, Uswatuddin mengatakan pihaknya menunggu surat dari LIPI, “kita tunggu saja kapan surat itu akan sampai, kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan oktober mendatang di Jakarta,” kata Kepsek ini.

Uswatuddin juga mengharapkan dukungan terkait pendanaan penelitian tersebut dari berbagai pihak agar apa yang dilakukan oleh siswanya yang telah berprestasi dapat mengharumkan nama Aceh umumnya dan Gayo khususnya. Dia juga sangat berterima kasih kepada keluarga besar SMAN 1 Takengon karena telah menjaga kekeluargaan yang baik sehingga sekolah tertua di Takengen ini dapat berprestasi di kancah nasional.

Sementara itu, wakil kesiswaan SMAN 1 Takengon, Saida, M. Pd mengatakan tidak hanya karya tulis saja yang mengantarkan sekolah tersebut ke tingkat Nasional, secara mengejutkan juga siswa SMA ini berhasil terpilih menjadi wakil Aceh Tengah di ajang Palang Merah Remaja yang juga akan dilaksanakan secara nasional di Gorontalo pada bulan Juli mendatang, kata Saida. (Wein Mutuah).

sumber: lovegayo.com

No comments: