Wednesday, November 14, 2007

Kopi Gayo Rp 800.000/kg di Tokyo

BANDA ACEH - Kepala BKPMD NAD, Ir T Zainoel Arifin TP Polem, Senin (4/12) mengatakan harga jual kopi produksi PT Geunap Meupakat, Bener Meriah mencapai Rp 800.000/kg. Hal ini diketahui dalam pameran investasi Indonesia yang dibuka oleh BKPM Pusat, Muhammad Luthfi di Shinagawa Convention Centre, Tokyo, akhir bulan lalu.

Zainoel mengatakan pada hari pertama pameran, 29 Nopember 2006, stand Aceh banyak mendapat perhatian dari para pengunjung, termasuk Hiro Nori Yamamoto, seorang pengusaha Jepang. Disebutkan, Yamamoto yang memiliki pabrik pengolahan kopi di Cina dan Jepang direncanakan akan mengunjungi Aceh pada bulan ini. “Pengusaha Jepang ini sangat tertarik dengan kopi dataran tinggi Gayo dan akan mengadakan pertemuan dengan para petinggi PT Geunap Meupakat untuk membahas kerjasama pengolahan kopi, khususnya jenis arabica” jelas Zainoel. Dia berharap, peluang ini harus disambut dengan baik oleh perusahaan milik daerah tersebut.

“Untuk mengundang investor datang ke Aceh, bukan sebuah pekerjaan mudah, tapi harus melalui berbagai tantangan, seperti mengikuti berbagai pameran di luar negeri. Tapi, berbagai komoditi unggulan harus juga dipamerkan agar para investor tersebut yakin dan percaya,” tuturnya.

Diharapkan, kerjasama itu akan memberi peluang usaha lebih besar lagi kepada para petani kopi Bener Meriah dan Aceh Tengah serta Aceh umumnya. Pameran tersebut yang telah berakhir pada Sabtu (2/12) lalu, juga mengikutsertakan tim kesenian tarian Saman Aceh yang mendapat sambutan luar biasa dari para pengunjung pameran, tandas mantan Kadistan dan TPH NAD itu.(muh)

No comments: